Minggu, 21 Februari 2016

istilah-istilah farmakognosi


Farmakognosi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagiantumbuhan dan hewan yang dapat digunakan sebagai obat alami yang telah melewatiberbagaimacam uji seperti uji farmakodinamik, uji toksitologi dan ujibiofarmasetika.
Farmakognosi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua suku kata Pharmakondan gignosco. Pharmakon artinya ”obat” (ditulis dalam tanda petik karena obat disini maksudnya adalah obat alam, bukan obat sintetis) dan gignosco yang artinyapengetahuan. Jadi, farmakognosi adalah pengetahuan tenatang obat-obat alamiah.
Pada awalnya masyarakat awan tidak mengenal istilah ”farmakognosi”. Olehkarenanya, mereka tidak bisa mengaitkan farmakognosi dengan bidang-bidang yangberhubungan dengan kesehatan. Padahal, farmakognosi sebenarnya menjadi matakuliah yang sangat spesifik di bidang kesehatan dan farmasi. Masyarakat telahmengetahui khasiat dari opiun (candu), kina, kelembak, peniilin, digitalis dansebagainya. Namun, mereka tidak sadar bahwa yang diketahui itu adalah bidang darifarmakognosi. Mereka pun tidak mengetahui kalau bahan-bahan yang berbahaya seperti minyak jarak, biji saga, dan tempe bongkrek (aflatoksin) merupakan bagiandari pembicaraan farmakognosi. dasar penemuan obat baru, metabolit primer dan asal usul metabolit sekunder, asamorganik dan lipida, karbohidrat, glikosida, minyak atsiri dan resin, steroid,isoprenoid, alkaloid, antikanker dari tumbuhan, obat dengan aktivitasantihepatotoksik dan hipoglikemik, dan identifikasi obat alami.

BEBERAPA ISTILAH DALAM FARMAKOGNOSI

Simplisia adalah bahan alamiah yang digunakan sebagai obat yang belum mengalamipengolahan apapun juga, kecuali dinyatakan lain, berupa bahan yang telahdikeringkan.
Simplisia nabati adalah simplisia berupa tanaman utuh, bagian tanaman ataueksudat tanaman.
Eksudat Tanaman adalah isi sel yang secara spontan keluar dari tanaman atau isisel dengan cara tertentu dikeluarkan dari selnya, atau zat-zat nabati lainnya yangdengan cara tertentu dipisahkan dari tanamannya dan belum berupa zat kimia murni.
Simplisia hewani adalah simplisia yang berupa hewan utuh, bagian hewan atau zat-zat yang berguna yang dihasilkan oleh hewan dan belum berupa zat kimia murni.
Simplisia Mineral adalah simplisia yang berupa mineral (pelikan) yang belum diolahatau dioleh dengan cara sederhana dan belum berupa zat kimia murni.
Alkaloida adalah suatu basa organik yang mengandung unsur Nitrogen (N) padaumumnya berasal dari tanaman , yang mempunyai efek fisiologis kuat/kerasterhadap manusia.
Glikosida adalah suatu zat yang oleh enzim tertentu akan terurai menjadi satumacam gula serta satu atau lebih bukan zat gula. Contohnya amigdalin, oleh enzimemulsin akan terurai menjadi glukosa + benzaldehida + asam sianida.
Enzim adalah suatu biokatalisator yaitu senyawa atau zat yang berfungsimempercepat reaksi biokimia / metabolisme dalam tubuh organisme.
Vitamin adalah suatu zat yang dalam jumlah sedikit sekali diperlukan oleh tubuhmanusia untuk membentuk metabolisme tubuh. Tubuh manusia sendiri tidak dapatmemproduksi vitamin.
Hormon adalah suatu zat yang dikeluarkan oleh kelenjar endokrin yangmampengaruhi faal, tubuh dan mempengaruhi besar bentuk tubuh.
Pemerian adalah uraian tentang bentuk, bau, rasa, warna simplisia, jadi merupakaninformasi yang diperlukan pada pengamatan terhadap simplisia nabati yang berupabagian tanaman (kulit, daun, akar, dan sebagainya).

1 komentar:

  1. SEGA - Videoslots.cc: Search results for - YouTube
    Search results for SEGA - Videoslots.cc: Search results for "Sega - Videoslots.cc: Search results for "Sega - Videoslots.cc: Search youtube to mp3 for android results for "Sega - Videoslots.cc: Search results for "Sega - Videoslots.cc:

    BalasHapus